Menghindar Dari Berita Hoax

Menghindar Dari Berita Hoax.

 

Akhir-akhir ini kita yang menggunakan media sosial, sering sekali mendapati berita-berita hoax dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, menyebarkan berita yang menimbulkan masyarakat disekelilingnya menjadi paranoid.

Berita hoax seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoax.

 

Oleh karenanya, apabila menjumpai berita denga judul provokatif, sebaiknya Anda mencari referensi berupa berita serupa dari situs online resmi, kemudian bandingkan isinya, apakah sama atau berbeda. Dengan demikian, setidaknya Anda sebabagi pembaca bisa memperoleh kesimpulan yang lebih berimbang.


Media sosial seharusnya bisa menjadi hal yang positif untuk kita yang menggunakan dalam mencari hiburan, atau untuk mempromosikan bisnis yang sedang kita kembangkan.

Dalam hal ini seharusnya kita tidak menerima mentah-mentah berita yang beredar di sosial media, kita harus menelusuri dari mana sumber berita itu, dan kita juga harus teliti dalam mempelajari masalah yang sering digunakan untuk konten berita hoax

Apalagi dalam keadaan pandemi seperti ini, makin marak orang menyebarkan berita-berita yang makin membuat kita sendiri sebagai pembaca menjadi down, atau paranoid yang berlebihan.

Tak jarang orang yang gemar menyebarkan berita hoax di sosial media hanya untuk kepentingannya sendiri, seperti untuk popularitas, atau untuk ketenarannya yang diambil dengan jalan culas seperti itu.

Mari bersosial media dengan sehat, dengan teliti dalam membaca konten-konten yang berlebihan, sebagaiman kita sebagai warga negara yang baik, harus menyebar berita-berita yang memang seharusnya disampaikan, dan tidak membuat masyarakat pembaca menjadi down.

Bangun Indonesia tanpa berita hoax, sehatkan negri kita dari paranoid berlebihan, dari pikiran-pikiran berlebihan tentang masalah yang ada dinegri tercinta kita ini.

 

Kelindoku Rent Car, 2020.

Kelindoku.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berwisata Bersama Kami Kelindoku.

Kelindoku Transport & Rent A Car Management

Make Your Amazing Experience.